Saturday 12 March 2016

PENYALAHGUNAAN ARTI KEIKHLASAN - Oleh Ustadz Muhammad Faizar

BERKORBANLAH TAPI JANGAN JADI KORBAN!
Keikhlasan tidak harus disimbolkan dengan segala hal yg serba gratis dan murah... 
Di Gontor, kami dididik dari kecil hingga dewasa dengan dilingkupi berbagai pendidikan kesederhanaan dan keikhlasan... tapi kami tidak dididik untuk menjadi SAPI PERAH yg dapat dimanfaatkan tenaga serta ilmunya utk kepentingan pribadi orang lain atau golongan tertentu...
Maka dari itu kyai kami pernah marah saat tau alumni-alumninya diremehkan dan tidak diberi kelayakan ditempat pengabdian mereka...
Berikut dawuh KH.Abdullah Syukri Zarkasyi :
"Dulu ada kyai minta alumni Gontor untuk pengabdian di pondoknya, langsung saya tanya 'mau kamu bayar berapa alumni Gontor di pondokmu?'
Kyai itu kelihatan terkejut... 
Mungkin ga nyangka saya bertanya seperti itu, dikira saya Kyai matre dan semacamnya....
Tapi saya tidak mau santri-santri cuma diperas tenaganya saja, tanpa diberi penghargaan setimpal... Dulu di Medan, ada sebuah pesantren yg muridnya sedikit, lalu minta bantuan sama saya untuk mengirimkan alumni Gontor kesana. Saya kirim tiga alumni ke sana untuk membantu, dan Alhamdulillah setelah saya kirim, pondok itu mulai bergerak, muridnya mulai bertambah, terakhir sudah sampai 150 orang muridnya...
Tapi kemudian kyai-nya ini mulai berfikir politik, dia ikut partai, lalu pondoknya dilupakan, semuanya diserahkan sama alumni kita itu. Kyai sendiri sibuk berpolitik, bagaimana kurikulumnya, pelajarannya, makannya, kesejahteraan gurunya, semua tidak diperhatikan, maka ketika saya dengarkan keluhan alumni disana, mereka saya tarik pulang ke Gontor. Nah, setelah mereka pulang ke Gontor, pondok itu kembali mengalami kemunduruan, sampai muridnya tinggal beberapa puluh saja..Kyainya datang lagi, dan minta pengabdian lagi...
SAYA TOLAK...!!!
Itulah alasannya saya mendirikan Gontor-gontor cabang dimana-mana, biar anak-anak ini tidak kesulitan mencari tempat pengabdian yg bisa MEMGHARGAI mereka...
Anak-anak ini sudah kita didik, kita bina, kita kembangkan, kita ajari, kita bentuk mentalnya, jangan sampai dengan alasan kalian sudah dididik keikhlasan kalian cuma diperas tenaga dan fikirian kalian, tapi tidak mendapat penghargaan yg setimpal...perlindungan kepada alumni mutlak diperlukan..!!"
Jadilah manusia yg bermanfaat tp jgn mau dimanfaatkan !
Jadilah manusia yg berakal, tp jangan mau diakali !
Jadilah manusia yg rela berkorban, tp jgn jd korban !
*Fenomena penyalahgunaan arti keikhlasan utk memanfaatkan orang lain.

0 komentar:

Post a Comment

Featured post

JIKA ALLAH MEMBUKA AIB KITA DAN KITA DIHINA ORANG - Oleh KH. ABDULLAH GYMNASTIAR (AA GYM)

Saudaraku. Menurut saya bagus jika Allah SWT membuka aib kita. Supaya kita tidak sibuk ingin dipuji. Asalkan dengan dibukanya aib kita...

Blog Archive